Ow! Balita Lebih Jago Pakai iPhone Daripada Tali Sepatu

anak dan iphoneKeahlian apa yang lebih dulu bisa dikuasai oleh anak prasekolah, mengikat tali sepatu atau mengoperasikan iPhone? Untuk mendapatkan jawaban itu, perusahaan pembuat software keamanan AVG mensurvey 2.200 orang tua yang memiliki anak-anak.

Hasilnya sungguh mengejutkan. Dari ribuan orang tua yang memiliki anak-anak berusia sekitar 2 hingga 5 tahun, diketahui bahwa anak-anak lebih bisa menavigasikan piranti iPhone, bermain game dan browsing dibandingkan dengan keahlian dasar yang seharusnya mereka kuasai. AVG melakukan survey ini pada orang tua yang berbasis di wilayah berbeda yakni di Amerika, Kanada, Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Jepang, Australia dan New Zealand. Ini dia hasil detailnya.

Sebanyak 19% dari partisipan mengatakan bahwa anak-anak mereka mengetahui cara mengakses aplikasi smartphone. 58% lainnya mengatakan si buah hati bisa bermain game di komputer, kemudian seperempatnya memiliki kemampuan untuk membuka dan menjalankan browser. Bandingkan dengan hasil yang berikut di mana hanya 9% dari anak-anak balita yang bisa mengikat tali sepatu mereka dan 20% saja yang mampu berenang tanpa bantuan, dan 43% yang bisa naik sepeda.

Hasil lain yang tak kalah menariknya ialah saat AVG membagi partisipan ini berdasarkan negaranya. Sebesar 44% dari anak-anak Italia mampu mengoperasikan panggilan telpon. Mereka lebih ‘pandai’ jika dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dan dibesarkan di Amerika, prosentasenya yakni 25% saja. Namun jika dilihat dari gender, kemampuan yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan cenderung sama. AVG melaporkan bahwa sebanyak 29% perempuan mampu menelpon via ponsel, hanya selisih 1 persen dibandingkan dengan anak laki-laki yakni sebesar 28%. Untuk game di komputer, anak-anak perempuan juga mengungguli anak laki-laki yakni 59% dibanding 58%.

Mengetahui hasil survey di atas, AVG mengarisbawahi bahwa para orang tua sebaiknya memberi perhatian besar pada teknologi. Melalui pernyataan resminya, CEO AVG J.R. Smith mengatakan bahwa orang tua sebaiknya mampu mengedukasi anak-anaknya mengenai keamanan di dunia online sedari dini.

Keamanan online adalah hal yang jelas menjadi isu penting sekarang ini. Meski begitu, internet bukanlah musuh orang tua dan tempat ‘menyeramkan’ bagi anak-anak. Selama orang tua mampu mengedukasi anak-anaknya untuk mengontrol apa yang baik dan buruk, maka internet bisa menjadi teman yang ramah dan bermanfaat bagi perkembangan dan wawasan mereka.

Sumber: arstechnica

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - Guest

    keren ya :love:

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII