Bahaya Menggunakan Earphone

bahaya-earphone

Kadang orang asik sendiri dengan dunianya, tanpa perduli dengan orang lain di sekitarnya. Termasuk orang yang asik dengan mendengarkan lagu atau asik berbicara melalui handphone dengan menggunakan earphone. Mereka tidak mengetahui apa bahayanya menggunakan earphone terlalu
sering, berikut ulasannya.

 

Menggunakan earphone terlalu sering bisa berdampak bising sehingga mengakibatkan gangguan pada pendengaran berupa "Tuli Saraf". Gangguan yang terjadi pada persarafan telinga, organ yang akan mengalami kerusakan adalah sel rambut. Letak sel rambut adalah di rumah siput atau "Koklea", Sel rambut bertugas mengantarkan energi listrik melalui saraf ke otak. Sel rambut sangat berjasa sehingga membuat kita bisa mendengar.

Terlalu lama mengalami kebisingan, sel rambut akan mengalami kekakuan. Parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan permanen. Penyakit Tuli Saraf tidak dapat diobati maupun dengan operasi. Tetapi bukan berarti kita tidak boleh menggunakan earphone. Gunakanlah earphone dengan waktu maksimal 1 jam saja. Atur volume sebesar 60% dari volume maksimal.

Pemilihan earphone juga harus diperhatikan, sebaiknya memilih earphone yang memiliki fasilitas "voice isolatif" yang dapat menghambat kebisingan dari luar. Selamat memilih dan jaga kesehatan pendengaran anda.. Semoga bermanfaat. (doel)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - Rizka mauludi

    Bermanfaat sekali infonyaa...:)
    #terutama untuk saya(hehe):p:D

    0 Like
  • setuju (Y)

    0 Like
  • Guest - Soeroso

    Seyogyanya kita sayangi organ kita yang diberikan oleh Alloh SWT, menempelkan earphone 1 jam itu sudah cukup lama apalagi lebih dari 1 jam, bukan menghibur diri namanya tetapi menyiksa diri di kemudian hari. Lebih berbahaya lagi menggunakan earphone saat mengendari kendaraan.

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII