4 Resep Puasa Nyaman Tanpa Sembelit

Minuman Sehat

Apakah Anda mengalami sembelit saat berpuasa? Jangan panik. Sembelit atau konstipasi memang sering dirasakan oleh mereka yang berpuasa. Penyebab utama sembelit adalah dehidrasi. Gejala ini terjadi karena jumlah kebutuhan air yang membuat usus tetap halus dan fleksibel tidak tercukupi sehingga daerah usus tidak berkontraksi.

Sembelit selama puasa adalah normal. Namun, Anda tentu tidak akan membiarkan tubuh Anda tersiksa ketidaknyamanan sembelit, bukan? Tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk mencegah sembelit dan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi selama puasa.

1. Minum Air yang Banyak

Mencukupi kandungan air dalam tubuh saat puasa terbilang sulit sebab selama sekitar 13 jam tubuh tidak mendapat asupan apapun. Dr. dr. Saptawati Bardosono, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menyarankan trik sederhana 2-4-2, yaitu meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas lagi saat sahur. Mengonsumsi delapan gelas air sehari setara dengan kebutuhan normal orang dewasa akan air sebanyak dua liter. Sementara kebutuhan air pada anak akan tercukupi sebanyak enam gelas per hari.

2. Hindari Kafein

Tidak semua minuman dapat membuat Anda tetap terhidrasi.  Hindari teh dan kopi karena minuman berkafein ini bersifat diuretik ringan yang menyerap cairan tubuh sehingga berpotensi memperburuk sembelit.

3. Perhatikan Aktivitas Anda

Anda mengalami dehidrasi ketika tubuh Anda kehilangan cairan lebih dari yang Anda serap. Tubuh mengeluarkan cairan saat bernapas, berkeringat, buang air kecil, maupun buang air besar. Dalam kondisi berpuasa, ada baiknya Anda menghindari aktivitas berat yang dapat mengeluarkan keringat berlebih.

4. Konsumi Makanan yang Mengandung banyak Air

Selain minum, air, Anda juga dapat meningkatkan konsumsi air Anda dari makanan yang Anda makan. Banyak buah-buahan segar dan sayuran yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Guthealthproject.com merekomendasikan enam buah-buahan yang mengandung kandungan air yang sangat tinggi, yaitu mentimun, timun jepang, tomat, nanas, dan stroberi. Buah-buahan tersebut mengandung lebih dari 90% air di dalamnya. (Nabila/LINES)

Sumbernya Foto: http://drinkhealthydrinks.com/

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII