Mengapa Pesawat Tidak Tersambar Petir

mengapa pesawat nggak kena petir??Burung dan Pesawat sama-sama terbang di langit. Keduanya berpotensi tersambar petir. Berikut penjelasan kecanggihan sistem antipetir pada pesawat. Kemungkinan pesawat tersambar petir selalu ada. Namun, pesawat dilengkapi sistem Static Discharge (SD) pada badannya. Hal tersebut membuat kemungkinan pesawat tersambar menjadi sangat kecil, terutama pesawat-pesawat modern.

Petir terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik di udara, akibat gesekan antara awan atau benda dengan udara maka timbul muatan listrik statis pada benda itu. Sama halnya dengan pesawat, saat bergerak di udara akan terbentuk listrik statis di badan pesawat.

Namun, SD segera membuang listrik ke udara sehingga kecil kemungkinan tersambar. Jika SD tak bekerja, pesawat bisa saja tersambar petir dan akibatnya bisa mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi pesawat hingga terbakar di udara (kejadian ini sangat jarang terjadi).

SD pesawat sendiri sangat jarang rusak, selain itu perawatannya sangat sederhana karena bentuknya hanya berupa kawat atau lempengan plastik berisi logam yang ditempatkan di ujung sayap atau ekor pesawat dengan jumlah 12-16 buah.

“Ketika muatan listrik yang terkumpul di SD terlalu banyak, maka muatan itu akan terlepas dengan sendirinya,” kata Prof Yohanes Surya Ph.D. Seperti dikutip dari situsnya, tiap hari Bumi dihantam 40 ribu petir.

Namun, karena luasnya Bumi, maka kemungkinan petir mengenai suatu pesawat sangat kecil. Namun ia menyebutkan bahwa tiap tahun rata-rata terdapat sebuah pesawat tersambar petir.

Sumber

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - sandy ps.minggu

    Hem.... Mantap infonya!

    0 Like
  • Guest - Siti Nurhasanah

    :ooo: oooooh gitu toh...<br />Subhanallah bermanfaat sekali pengetahuannya<br /><br />Alhjzkh :D

    0 Like
  • Guest - Guest

    :0. (⊙ ,⊙).... wow. Bru tau...

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII