KIM LDII : Seluruh Jamaah Sudah Tinggalkan Makah

kepulangan jamaah haji indonesia

MADINAH- Seluruh jamaah haji gelombang kedua asal Indonesia, Rabu (21/11), telah meninggalkan Makah. Mereka berpindah ke Madinah. Dengan demikian, saat ini di Makah telah tak ada lagi jamaah haji asal Indonesia. Jamaah haji Indonesia dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama menunaikan ibadah shalat arbain terlebih dulu di Masjid Nabawi Madinah. Jumlah mereka mencapai 102.000 orang. Sementara gelombang kedua menunaikan ibadah haji dulu di Makah baru kemudian shalat arbain di Nabawi Madinah. Jumlah gelombang kedua 92.000 jamaah. Total jamaah haji reguler adalah 104.000, Sisanya, 17 ribu, adalah haji khusus atau ONH Plus.

Jamaah gelombang pertama adalah mereka yang tiba di Arab Saudi sebelum tanggal 9 Oktober. Di atas tanggal itu, masuk gelombang kedua.Pemberangkatan jamaah haji gelombang dua dari Makah ke Madinah berakhir Selasa malam waktu Arab Saudi atau Rabu (21/11) WIB. Rombongan terakhir jamaah dari Makah adalah Kloter 49 dan
50 Jakarta serta Surabaya 80.

Sekretaris Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Sofwan Abdul Djani, menjelaskan, sejauh ini perjalanan jamaah, baik gelombang kedua maupun gelombang satu, berjalan lancar. Tidak ada kendala berat. Di sisi lain, jumlah jamaah haji Indonesia di Madinah juga terus berkurang seiring pemulangan mereka ke Tanah Air "Setiap hari kita berangkatkan ke Bandara Jedah rata-rata tujuh kloter dan dari Bandara Madinah 7-8 kloter," tambah Sofwan.

Pemulangan jamaah gelombang kedua akan terus berlangsung dan berakhir pada 29 November mendatang. Jamaah yang paling terakhir pulang adalah Kloter 80 Surabaya.Sementara itu, dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT), jamaah haji gelombang dua yang tiba di Madinah dari Makah total mencapai 91.533 jamaah dari 232 kloter.

Dari jumlah tersebut, jamaah yang sudah meninggalkan Madinah menuju Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jedah dan Pangeran Muhamammad bin Abdul Aziz Madinah mencapai 44.783 jamaah dari 111 kloter. (Dep. KIM DPP LDII)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII