Apakah yang dimaksud manquul?

Manquul berasal dari bahasa Arab naqola-yanqulu, yang artinya adalah pindah. Maka ilmu yang manquul adalah ilmu yang dipindahkan dari guru kepada muridnya.

Dalam pelajaran tafsir, Tafsir manquul berarti mentafsirkan suatu ayat Al-Qur’an dengan ayat Al-Qur’an yang lainnya, mentafsirkan ayat Al-Qur’an dengan hadits, atau mentafsirkan Al-Qur’an dengan fatwa shohabat.

Dalam ilmu hadits, manquul berarti belajar hadits dari guru yang mempunyai isnad sampai kepada Nabi Muhammad, shollallohu’alaihi wasalam.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - yanto

    setidaknya dengan manquul, dapat terhindar dari ro'yu (buah pemikiran seseorang) yang belum tentu bisa dijamin kebenaranya.... :)

    Comment last edited on about 3 years ago by Jhonie Pamungkas
    0 Like
  • Guest - Iskariman Subekti

    Jika memang demikian makna manquul, maka hal itu sangatlah penting demi menjaga kemurnian suatu kisah atau pesan yang sedang dimanquulkan/dipindahkan/diajarkan.
    Terima kasih atas informasinya yang mencerahkan ini

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII