Akibat Beramal Karena Riya dan Ingin Dipuji

Niat-karena-Allah

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

Sesungguhnya manusia yang pertama kali dihisap pada hari Kiamat ialah seseorang yang mati syahid, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan sehingga ia mengetahuinya dengan jelas. Lantas Allah SWT berfirman kepadanya :

 “Apa yang telah kamu lakukan di dunia wahai hamba-Ku?”

Dia menjawab:

 “Saya berjuang dan berperang demi Engkau ya Allah sehingga saya mati syahid”

 Allah SWT berfirman:
 “Dusta kamu, sebenarnya kamu berperang bukan karena untuk-Ku, melainkan agar kamu disebut sebagai orang yang pemberani. Kini kamu telah menyandang gelar tersebut.”
Kemudian orang tersebut diperintahkan untuk dibawa pergi lalu diseret wajahnya hingga dicampakkan ke neraka.

Dan didatangkan pula seseorang yang belajar Alquran dan mengajarkannya, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan sehingga ia mengetahuinya dengan jelas. Allah SWT berfirman kepadanya :

“Apa yang telah kamu lakukan di dunia wahai hamba-Ku?”

Dia menjawab :
 “Saya telah belajar ilmu dan mengajarkannya, saya juga membaca Alquran demi Engkau.”

Allah SWT berfirman :
“Dusta kamu, akan tetapi kamu belajar ilmu dan mengajarkannya serta membaca Alquran agar dikatakan seorang yang mahir dalam membaca, dan kini kamu telah dikatakan seperti itu.”

Kemudian orang tersebut diperintahkan untuk dibawa pergi lalu diseret wajahnya hingga dicampakkan ke Neraka

Dan seorang laki-laki yang diberi keluasan rizki oleh Allah, kemudian dia menginfakkan hartanya semua, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan sehingga ia mengetahuinya dengan jelas. Allah SWT berfirman kepadanya :
“Apa yang telah kamu lakukan di dunia wahai hamba-Ku?”

dia menjawab :
“Saya tidak meninggalkannya sedikit pun melainkan saya infakkan harta benda tersebut di jalan yang Engkau ridhoi."

Allah SWT berfirman:
“Dusta kamu, akan tetapi kamu melakukan hal itu supaya kamu dikatakan seorang yang dermawan, dan kini kamu telah dikatakan seperti itu.”
Kemudian orang tersebut diperintahkan untuk dibawa pergi lalu diseret wajahnya hingga dicampakkan ke Neraka. (HR Muslim)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - kamal

    sungguh luar biasa ajaran ALLAH SWT menyayangi hambanya, di balik rassa ria seseorang di dalam hati nya kegelisahan yang menyesakan,, ALLAH SWT sayang kepada hambanya, supaya hambanya bisa hidup damai

    0 Like
  • Guest - Semmy

    Ajzkk nasihatnya. Niat itu hanya untuk Allah. Mg2kita terhindar dr riya dan pamer.amiin
    ;)

    0 Like
  • Guest - yuri

    mudah2n kita terhindar dari dosa riya' dan mudah2n kita mendapatkan hisaban yg baik disisi Alloh,,

    0 Like
  • Guest - Nurul Qomariah

    Alhamdulillah jazakumullohu khoiroh atas basyiron wanaziron ini. Memang urusan niat harus senantiasa dibelajarkan dalam diri kita, kita harus pandai melatih diri kita untuk dapat belajar dan mengasah diri agar dalam beramal ibadah kepada Alloh harus diniatkan mencari wajahnya Alloh. Selain itu, barengi pula dengan doa-doa yang senantiasa kita panjatkan pada Alloh agar dapat beramal karena mengharap ridho Alloh semata. Semoga kita dapat melakukannya. Amin.

    0 Like
  • Guest - Soeroso

    Alhamdulillah kita selalu mendapat nasehat-nasehat dan contoh-contoh semacam ini, marilah saudaa-saudaraku kita jaga hati kita masing-masing jangan kita kotori hati kita oleh diri kita sendiri, perkuat ibadah/amalan-amalan dengan Niat karena Alloh, hanya karena Alloh. AJKK, AJKuK, mugo-mugo barokah.

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII