Ingin Mudah Baca Alquran, Gunakan Aplikasi Ini!

learn quran 1

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat selalu menghadirkan dua sisi, positif dan negatif. Tak dapat dipungkiri, saat ini masih banyak ruang yang diisi oleh hal-hal negatif. Namun demikian, bukan berarti tak ada tempat untuk aspek-aspek positif.

Tidak terkecuali untuk mendalami ilmu agama Islam, khususnya membaca Alquran. Ruang ini yang coba dimanfaatkan oleh sejumlah anak muda yang berawal dari perusahaan rintisan (start up) Badr Interactive, mereka membuat sebuah aplikasi bernama Learn Quran.

Lazimnya, belajar membaca kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ini, menggunakan metode iqra, juz amma, hingga menemui guru. Perkembangan teknologi informasi membuat kendala-kendala yang kerap ditemui seperti kesulitan mendapatkan guru yang tepat bisa diatasi.

Dalam aplikasi interaktif Learn Quran terdapat empat nilai yang terkandung, yaitu efisien, efektif, high quality, dan bermanfaat bagi banyak orang. Kurikulum yang dibenamkan di dalam aplikasi pun tidak main-main. Penyusun kurikulum dari berbagai sumber seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Arab (LIPIA) merupakan garansi akurasi dan komprehensivitas.

Secara garis besar, Learn Quran terdiri atas dua bahasa pengantar, yaitu Inggris dan Indonesia. Penggunaannya pun sederhana. Di Google Play Store, aplikasi ini meraih skor 4.6 dari skala 5. Aplikasi Learn Quran juga telah ada untuk platform iOS dengan skor 4.7 per 2 Januari 2017.

Setelah mengunduh di Google Play Store, pengguna tinggal memilih ingin belajar dasar membaca Alquran atau tajwid. Selain latihan, terdapat pula tes di setiap tahapan. Jika nilai belum maksimal, maka disarankan untuk mengulang lagi.

learn quran 2

Salah seorang pengunduh, Rafida Fida, mengaku senang dengan aplikasi Learn Quran. Sebab, aplikasi ini telah membantu salah satu keluarganya meningkatkan kemampuan membaca Alquran. “Subhanallah, adik langsung bisa baca dan mengerti, Terimakasih atas aplikasi ini kami bisa belajar,” tulis Rafida dalam ulasan di Google Play Store.

Terlepas dari tantangan yang ada, ke depan Learn Quran memiliki visi besar. Tidak hanya menjadi aplikasi untuk memudahkan membaca Alquran, melainkan juga untuk memahami tafsir Alquran, memudahkan menghafal Alquran, hingga mengimplementasikan Alquran ke dalam kehidupan sehari-hari.(wicak/lines)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII