Tips Menghadapi Musim Hujan

tips menghadapi musim hujanTengah malam tadi terbangun karena hujan turun, teringat pakaian yang masih belum diamankan. Sudah berhari-hari jemuran tak kunjung kering. Mungkin musim penghujan sudah berada dipuncaknya, saatnya kita mempersiapkan segala sesuatu agar saat musim hujan tetap sehat sehingga bisa beraktifitas dan beribadah dengan lancar.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda terutama selama menghadapi musim hujan.

1.Jaga Pola Makan dan Nutrisi

Gizi yang baik dan tercukupi akan membantu tubuh anda untuk memperkuat antibodi ( daya tahan tubuh ) untuk memerangi virus atau bakteri penyebab penyakit.Gizi yang baik tentunya dapat diperoleh dari mengkonsumsi makan-makanan 4 sehat 5 sempurna dan suplemen tambahan.

2. Siapkan Perlengkapan Hujan

Meskipun sudah ada informasi dari BMKG prediksi tentang kapan turunnya hujan, tetap saja hujan datangnya tiba-tiba. Maka perlengkapan hujan semisal Payung, jas ujan, jaket bertudung adalah beberapa perlengkapan yang tak boleh lupa dibawa saat Anda berpergian.

3. Jaga Kebersihan Tubuh

Selama musim hujan Anda akan selalu kontak dengan air hujan, baik langsung maupun berasal dari genangan air. Maka  Anda harus sering membersihkan bagian tubuh yang terkena air hujan seperti tangan, muka dan kaki. Jika kehujanan, segeralah untuk mandi untuk menstabilkan suhu dingin yang dipengaruhi oleh hujan. Lalu hangatkan dengan minuman atau makanan hangat.. Maknyuuss..!!

4. Siapkan Pakaian Hangat

Saat musim hujan biasanya suhu cenderung rendah. Maka siapkanlah pakaian yang bisa menghangatkan tubuh. Gunakanlah pakaian yang sebagian besar menutupi tubuh. Jangan menggunakan celana atau Rok pendek, Kaos/baju dengan bahan tipis "Nerawang". Bawalah jaket atau sweater, sarung tangan dll.

5. Berolahraga Ringan

Lakukan olahraga sederhana di rumah atau di sekitar rumah. Minimal melakukan aerobic atau senam jika dikhawatirkan tidak bisa olah raga di luar rumah karena turun hujan.  Dengan demikian, tidak hanya Anda terhindar dari gejala flu, tetapi Anda juga akan merasa lebih sehat selama melakukannya.Lakukan olahraga sederhana di rumah atau di sekitar rumah. Anda bisa melakukan jogging atau bersepeda di sekitar area rumah dan melakukan beberapa latihan indoor. Dengan demikian, tidak hanya Anda terhindar dari gejala flu, tetapi Anda juga akan merasa lebih sehat selama melakukannya.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda terapkan sehari-hari dengan mudah. Anda hanya perlu untuk melakukannya dan konsisten mengerjakannya. Akhir tulisan, selamat mempraktikkan. Semoga dengan tips ini aktifitas beribadah dan pekerjaan kita bisa berjalan dengan baik, lancar dan barokah.. :D

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII