Mengapa Tubuh Anda Bau

bau-badan

Ada satu hal yang terkadang membuat seseorang tidak nyaman bahkan tidak percaya diri berada di sekitar lingkungannya. Hal ini disebabkan karena bau yang disebabkan oleh beberapa bagian tubuh.

Beberapa anggota tubuh yang paling sering menyebabkan bau adalah rambut, mulut, ketiak, selangkangan, dan telapak kaki. Bagaimana cara meminimalkan resiko munculnya bau dari anggota tubuh dan apa penyebabnya.

1. Rambut
Pada bagian kepala terdapat kelenjar rambut dan kelenjar keringat, bagi orang yang sering berkatifitas di luar ruangan, sering menggunakan penutup kepala (topi, jilbab, dll) ditambah lagi dengan suhu udara yang panas maka rambut akan mudah lembab sehingga mudah menimbulkan bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan timbulnya bau di kepala/rambut. Salah satu usaha untuk menghilangkan bau adalah dengan keramas, untuk wanita setiap 2 atau 3 hari sekali tergantung panjangnya rambut, untuk pria boleh 1 hari sekali, hal itu juga tergantung jenis rambutnya.

2. Mulut
Bau mulut biasanya berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi sehari hari. Bisa juga disebabkan karena adanya luka di bagian gigi/gusi, hal ini menimbulan enzim yang menyebabkan reaksi kimia di dalam mulut. Untuk mengatasinya biasanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash.

3. Ketiak
Penyebab bau pada ketiak bisa disebabkan oleh hormon, biasanya berlebihan ketika pada masa pubertas. Bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi bawang putih dan daging. Untuk menghilangkan bau ketiak, Anda harus selalu menjaga kebersihan tubuh. Biasakan untuk mandi dua kali sehari. Gunakan sabun deodoran atau sabun herbal untuk menjaga kulit agar bebas dari keringat dan menghindari infeksi jamur.

4. Selangkangan
Jamur atau bakteri tumbuh baik di daerah lembab atau daerah tubuh yang tidakmendapatkan oksigen cukup. Maka gunakanlah pakaian yang longgar agar tubuh mendapatkan oksigen. Sering-sering mengganti pakaian dalam, dan pilihlah bahan yang mudah untuk menyerap keringat.

5. Daerah Kaki
Kaki bisa menghasilkan keringat 1 liter sehari, bayangkan jika Anda menggunakan sepatu dari pagi sampai malam ditambah lagi cuaca panas atau hujan menyebabkan kaki lembab dan memicu tumbuhnya jamur atau kuman. Disarankan sering-sering mengganti kaos kaki, jika diperlukan bawalah kaos kaki cadangan. Pilih kaos kaki yang berbahan kain katun agar mudah menyerap keringat.

Untuk mengurangi bau kaki Anda bisa menggunakan air teh,  rendam kaki Anda dalam ember yang berisi air teh selama 15 menit. Hal ini dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di daerah kaki. Sisa air rendamannya jangan diminum ya.. :D
 Semoga bermanfaat..

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII