Tetap Sehat Hadapi Menopause

menopause

Di usia senja pada umumnya wanita akan mengalami penurunan fungsi organ tubuh termasuk reproduksi yang dikenal dengan nama menopause. Pada kondisi itu wanita tidak bisa lagi menghasilkan hormon estrogen, sehingga tidak lagi mengalami menstruasi.

Astrid Yunita, SpOG mengatakan, hormon estrogen yang sangat mempengaruhi tubuh wanita. Hormon ini mengatur fungsi tubuh terutama reproduksi hingga emosi. Saat tidak lagi diproduksi oleh tubuh, akan terjadi perubahan pada otak, payudara, jantung, hati, tulang, kulit, vagina sampai organ kandungan.

Dan umumnya akan menimbulkan keluhan seperti keringat dingin di malam hari, tulang keropos, muka terasa terbakar, kulit keriput, peningkatan bobot tubuh, perubahan mood yang signifikan, susah tidur, mudah lelah, nyeri di daerah persendian, vagina kering sehingga nyeri jika berhubungan  seksual, dan mempengaruhi produksi kolesterol hingga jaringan pembuluh darah.

Di Indonesia rata-rata wanita yang  mengalami menopause adalah usia 50-51 tahun. Dalam rentang usia ini, mereka ada yang sangat merasakan dampak dari menopause, ada juga yang tidak merasakan apa-apa. Dokter Astrid menyarankan para wanita untuk menjaga kesehatan sedini mungkin dengan makan makanan yang sehat, minum susu tinggi kalsium, serta banyak mengkonsumsi air putih dan berolahraga.

Dia mengatakan olahraga ini tak perlu olahranga yang berat. “Olahraga yang ringan saja seperti jalan atau lari yang penting rutin 2-3 kali seminggu,” ujarnya. Selain itu hindari pula mengkonsumsi alkohol dan kebiasaaan merokok karena tanda-tanda ini akan mulai terasa di usia 40 tahun ke atas.

Dr Astrid juga mengimbau para wanita untuk tidak takut dengan datangnya masa menopause ini terlebih jika berpikir dengan melakukan suntik hormon dapat membuat seseorang terhindar dari fase ini, sangat tidak menganjurkan untuk melakukan hal ini karena suntik hormon dapat menimbulkan kanker.

“Sebab dokter bukanlah Tuhan yang dapat mengubah kodrat seseorang. Jangan takut dengan fase ini yang terpenting adalah menjaga kesehatan sebaik mungkin dan melakukan yang baik-baik untuk tubuh kita,” ujarnya saat memberikan seminar di PPG Fair Jakarta Barat

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII