Mitos Mitos dalam Dunia Kesehatan yang Unik

mitos kesehatanBanyak orang yang lebih percaya mitos ketimbang nasehat dokter. Banyak hal dalam dunia kesehatan yang unik menjadi perdebatan banyak orang. Mitos dalam Dunia Kesehatan yang Unik


Berikut sejumlah mitos tentang kesehatan yang berkembang di masyarakat yang cukup unik.

1. Jangan pernah memotong bagian kerak roti
Sebagian masyarakat tentu percaya kerak roti atau bagian atas roti mengandung banyak vitamin.
Faktanya :
sebuah studi di Jerman tahun 2002 mengungkap keberadaan tidak mengandung vitamin lebih banyak. Sebaliknya, peneliti justru menyarankan agar mengkonsumsi roti tanpa kerak. Pasalnya, roti tanpa kerak dan terutama terbuat dari gandum mengandung delapan kali lebih banyak antioksidan. Karena itu, peneliti menyarankan agar konsumen memperhatikan bahan pembuatan roti. Hal itu disebabkan kebanyakan roti yang berlabel gandum biasanya dibuat dengan campuran tepung yang diperkaya dan tepung gandung utuh yang minim serat.

2. Jika rambut kamu basah maka kamu bakal masuk angin
Faktanya :
pakar kesehatan Jims Sears mengatakan dari riset yang dilakukan di Inggris dimana setengah kelompok dibiarkan dalam ruangan hangat sedangkan sisanya berada di lorong dengan kondisi basah kuyup dan berkaus kaki basah. Setelah beberapa jam, kelompok yang berada di lorong tidak mengalami pilek atau flu.
“Kedinginan belum tentu mempengaruhi sistem kekebalan secara langsung,” ungkapnya.

3. Jika mata kamu juling, akan tetap juling
Faktanya :
“Tidak ada virus atau bakteri yang menyebabkan mata juling,” ungkap pakar mata, University of Cincinnati, Walker Motley. Jika anak-anak melakukan gerakan mata juling bukan karena meniru karakter kartun maka dimungkinkan anak tersebut tengah mengalami gangguan penggleihatan mata.

4. Kamu perlu makan ketika kedinginan dan meminum banyak air ketika demam
Hal yang seharusnya adalah menjaga cairan tubuh merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Ketika seseorang kehilangan banyak cairan maka semakin mudah terkena penyakit. Meski demikian, seseorang tidak perlu mengkonsumsi minuman elektrolit bila tidak mengalami dehidrasi atau diare.

5. Menelan permen karet akan tertinggal dalam perut selama tujuh tahun
Faktanya :
permen karet yang tertelan akan keluar dari perut ketika seseorang buang air besar. Dokter senior Children’s Hospital of Philadelphia, David Pollack mengatakan cairan dalam tubuh akan membawa permen karet menuju usus sebelum akhirnya dibuang.
” Meskipun permen karet tidak akan terurai dalam sistem pencernaan, namun tidak akan menyebabkan sakit perut,” ungkapnya.

6. Konsumsi apel sehari menghindarkan seseorang bertemu dokter
Faktanya :
mengkonsumsi blueberry jauh lebih efektif membuat tubuh senantiasa bugar. Hal itu disebabkan blueberry mengandung banyak gizi, antioksidan, dan kaya serat. Karena itu, blueberry banyak digunakan sebagai bahan pembuat sereal atau yogurt. Selain itu, Blueberry yang dikombinasikan dengan sayuran dapat mencegah seseorang terkena penyakit Jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

7. Kamu kehilangan 75 persen panas tubuh melalui kepala
Mitos macam itu berkembang karena keharusan kepala bayi yang baru lahir ditutupi ketika cuaca dingin. Hal itu dibenarkan, karena ukuran bayi memiliki prosentase lebih besar daripada bagian tubuh lainnya. Akantetapi ketika dewasa, keluarnya panas melalui kepala hanya 10 persen. Sisanya panas tubuh keluar melalui kaki, lengan dan tangan. Oleh karena itu, bagi orang dewasa disarankan untuk mengenakan sarung tangan ketimbang penutup kepala ketika cuaca dingin tiba.

8. Untuk menghilangkan cegukan, harus ada seseorang yang mengagetkan
Faktanya :
Pollack mengatakan cara menangani cegukan yang benar adalah kunyahlah satu sendok teh gula pasir. Dari riset yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine disebutkan 19 dari 20 partisipan yang mencoa cara ini sembuh dari cegukan.

9. Konsumsi ikan membuat kamu lebih cerdas
Faktanya :
konsumsi ikan terutama ikan salmon pada usia pertumbuhan sangat direkomendasikan. Pasalnya, ikan salmon mengandung omega-3 yang penting dalam perkembangan otak, kognitif dan ketajaman penglihatam. Sebuah studi yang dipublikasikan Clinical Pediatrics tahun 2008 mengungkap pemenuhan DHA melalui konsumsi omega-3 sangat penting dalam membantu anak-anak meningkatkan pemahaman dan penambahan kosa kata. Selain ikan, omega-3 juga bisa diperoleh pada alpukat, kenari dan minyak kanola.

10. Kamu dilarang berenang selesai makan
Faktanya :
setelah makan justru dibolehkan mengingat otot mendapatkan pasokan nutrisi. Sebaliknya Sears mengatakan berenang dalam keadaan perut kosong menyebabkan seseorang mudah kram dan menghambat kinerja otot kamu.

11. Setiap anak membutuhkan multivitamin tambahan
Faktanya :
anak-anak perlu mendapatkan ASI esklusif selama setahun. Selain itu, anak-anak juga mendapatkan banyak vitamin ketika mereka berinteraksi dengan sinar matahari dan udara.
“Anak-anak anda akhirnya mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan hanya menghirup udara dan sinar matahari,” kata COhen.

12. Meminum susu hangat menyebabkan kamu mudah tertidur
Faktanya :
susu hanya mengandung sejumlah kecil tryptopan, asam amino yang menyebabkan seseorang mengantung. Psikolog Klinis, Michael Breus dari Arizona menuturkan seseorang baru tertidur ketika mengkonsumsi susu satu galon.
“Hal yang dapat membantu anak-anak tertidur adalah mengipas-ngipasi anak. Sedangkan susu hanyalah satu bagian dari proses membuat anak tertidur,” kata dia.

"Artikel dari berbagai sumber"

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII