Sekretaris DPW LDII Jatim Temukan Sistem Kendali Elektrik Mobil Listrik

dedit-cahya-happyanto

"Metode yang saya temukan itu untuk mengatur listrik yang diperlukan mobil listrik secara pas untuk kondisi normal, tanjakan, dan turun," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/9).

Ia mengemukakan hal itu di sela-sela sidang terbuka promosi doktor untuk dirinya di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, ITS Surabaya.

Menurut alumnus S1, S2, dan S3 di Teknik Elektro ITS itu, metode yang sudah ditulis pada jurnal internasional di Eropa, Turki, dan Amerika, itu membuat mobil listrik mirip motor "matic".

"Kalau mobil listrik atau mobil elektrik yang biasa akan mirip mobil berbahan bakar fosil, tapi bila sistem kendali kecepatan motor menggunakan metode saya, maka mobil listrik akan terasa smooth seperti naik motor matic," katanya.

Dedit yang juga Sekretaris LDII Jatim itu menjelaskan metode algoritma untuk sistem kendali elektrik bagi mobil listrik yang ditemukan itu dapat mengatur kebutuhan listrik untuk mobil (mobil listrik) itu secara otomatis.

"Jadi, sopirnya tidak perlu mengatur sistem elektrik saat tanjakan, menurun, dan kondisi normal, karena sistem elektrik akan stabil dengan sendirinya dalam kondisi apapun," katanya.

Ditanya kemungkinan kontribusinya dalam program mobil listrik nasional yang dicanangkan pemerintah, ia menyatakan siap menyumbangkan sistem elektrik dengan metode temuannya.

"Tentu, saya siap menyumbangkan metode untuk sistem elektriknya. Jadi, para ahli di ITS akan memberikan kontribusi dalam dua sistem yakni sistem motor dan sistem elektriknya," katanya.

Ia berharap pemerintah konsisten dengan program mobil listrik nasional yang dicanangkan mulai prototipe hingga produksi massal. Apalagi, bahan bakar fosil sudah menipis, cenderung polutif. Para ahli dari Indonesia juga tidak kalah dari negara lain.(Ant/BEY)

Sumber : http://www.metrotvnews.com

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - muhamad achjar nazaruddin

    alhamdulillah .. semoga muncul warga LDII lainnya yang memberikan sumbangsihnya bagi ilmu perkembangan ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat bagi warga LDII khususnya dan bangsa-bangsa sedunia pada umumnya, amiin

    0 Like
  • Guest - djoko

    Bukti .... LDII terus ciptakan SDM Profresional yang Relegus

    0 Like
  • Alhamdulillah, semoga terus maju, menebar manfaat. Terus berkarya dan beginilah seharusnya Islam, menjadi rahmata lil alamin. Karyanya menjadi manfaat bagi umat manusia

    0 Like
  • Guest - Soeroso

    Bravo Dr.Dedid Cahya Happyanto M.T, maju terus patent kan sebagai produk asli Indonesia, dan karya nyata anak bangsa.

    0 Like
  • Guest - Debi Hartanto

    semoga bermanfaat

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII