Aprilia Fauzan Noer, dari Amerika untuk Berdakwah

aprilia-fauzan
“Carilah ilmu meski sampai ke negeri Cina” ini yang mendasari seorang gadis belia warga Amerika Serikat rela meninggalkan tanah kelahirannya, menyeberangi benua untuk mencari ilmu, khususnya ilmu agama.

Berangkat dari negeri Abang Sam tepatnya di kota California, Amerika Serikat, Aprilia Fauzan Noer yang biasa disapa Dea, (19 tahun) anak kedua dari pasangan Dian Mochammad Noer dan Dede Noer ini mempelajari Alquran dan Alhadits ke Pondok Pesantren Gading Mangu, Jombang, Jawa Timur.  Kedatangannya ke Indonesia bukanlah yang pertama kali, itu memungkinkan dirinya cepat beradaptasi dengan cuaca dan makanan yang ada di Indonesia. Motivasinya untuk mempelajari Alquran dan Alhadits sebenarnya tak muluk-muluk: ia ingin memperbaiki diri menjadi pribadi yang  lebih baik. Selebihnya ia ingin berdakwah (amar ma’ruf) di California khususnya di Del Rosa.

“Muslim di California amatlah sedikit jumlahnya. Terutama di Del Rosa, muslim di sana hanya berjumlah sekitar 30 orang mulai dari dewasa, remaja, hingga anak-anak.  Dalam kegiatan pengajian yang diadakan tiga kali dalam seminggu, belum ada seorang ustadz maupun ustadzah yang mengajari mereka secara langsung.  Biasanya mereka menggunakan Skype untuk mempelajari Islam.  Dengan waktu dan cara mengaji yang terbatas, membuat mereka merasa kurang dalam ilmu agama,” ujar Dea.

Ilmu agama yang minim di kiblat dunia modern, menumbuhkan motivasi yang kuat pada diri Dea untuk belajar di Pondok Pesantren Gading Mangu – salah satu pesantren LDII – yang memiliki memiliki program MTI (Media Teaching of Islam) yang dalam metode pengajiannya menggunakan bahasa Inggris. Selain Ponpes Gading Mangu program MTI juga terdapat di  Ponpes Sumber Barokah, Karawang dan tersebar di  berbagai daerah di antaranya Jakarta Selatan, Jogja, Solo, dan daerah lainnya.

aprilia-fauzan-noer

Awal mulanya kedua orangtua Dea menginginkannya untuk melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi.  Namun, tekad Dea begitu bulat untuk mempelajari Islam di Indonesia. Akhirnya orangtua Dea mengizinkannya untuk belajar ilmu agama ke Indonesia.  Setelah selesai mondok di Ponpes Gading Mangu, Dea berjanji akan kembali ke California dan mengajarkan agama di sana.  Dea telah mengikuti kegiatan pengajian selama enam bulan.  Dan insya Allah pada bulan Juni nanti, Dea akan kembali ke California untuk mengajarkan ilmu agama yang ia terima selama menuntut ilmu di Indonesia.

Selama kedatangannya di Indonesia, banyak pihak yang mengundang Dea di dalam talk show untuk memberikan motivasi kepada remaja saat ini untuk selalu giat mencari ilmu, salah satu satunya DPD LDII Jakarta Selatan.  Selama dua hari, Dea mengisi acara talk show di Masjid Baitul Zaki Mustofa dan Permata Buana, Sawangan.  Selama acara talk show berlangsung, para peserta begitu antusias mengikuti acara tersebut.  Setelah selesai acara, banyak dari peserta yang bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris yang diaplikasikan untuk berdakwah. Kemampuan bahasa  menjadi penting bagi umat Islam di era globalisasi ini untuk bisa beramar ma’ruf nahi munkar di seluruh penjuru dunia dan “Be Teacher Of The World”. (Tyas/Abdillahsyam’/LINES)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - muhamad dadang

    Saya setuju dengan yg disampaikan pa danang. Ayo talenta-talenta muda dan mudi bangun spirit sehingga muncul mba aprilia-mba aprilia yang lain sehingga gaung qur'an hadits terus membahana ke seantero dunia.

    0 Like
  • Kalau di antara kita yg bs melanglangbuana, gigih untuk menebar alquran dan alhadits, niscaya cahaya Islam akan bs menerangi alam semesta, shg kemungkaran bs terjegah

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII