Manfaat Janggut Menurut Sains Modern

beard ehsbuzzmagazine com

Laki-laki mempunyai keistimewaan yang tidak didapat perempuan, yakni memiliki bulu yang tumbuh di dagu atau dikenal dengan janggut. Rupanya, ada manfaat dari sisi sains saat seseorang memelihara janggut.

Memelihara janggut bagi kaum pria merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW yang mulai ditinggalkan oleh umat Islam. Amalan ini kerap dianggap asing oleh sebagian kalangan masyarakat dan membuat orang merasa tidak nyaman. Padahal memelihara janggut merupakan sunnah Nabi SAW yang dianjurkan. Para peneliti menemukan bahwa janggut bukan hanya sekedar perintah dari hukum agama, namun lebih dari itu, memelihara janggut bermanfaat untuk kesehatan.

Memelihara janggut memiliki manfaat bagi laki-laki, seperti dilansir Wonderfulinfo, Rabu (15/3), janggut melindungi wajah dari bahan kimia berbahaya dan polusi udara yang menyebabkan kerusakan sel serta meningkatkan kerutan dan kulit yang buruk.

Janggut bisa melindungi kulit, menjaga kelenjar sebaceous dari infeksi bakteri, sehingga mencegah jerawat atau bintik. Janggut juga melindungi wajah agar lebih hangat dan mencegah penyakit tenggorokan serta gusi.
Berdasarkan hasil penelitian ilmuan di University of Southern Queensland dan dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry menyebutkan bahwa 90-95 persen paparan sinar UV dari matahari ke daerah wajah dapat terhalang dengan adanya janggut.

Hal ini akan memperlambat proses penuaan kulit dan menurunkan resiko kanker kulit. Seperti diketahui, matahari memiliki kandungan ultraviolet yang dapat membahayakan kesehatan kulit dan rentan terkena kanker kulit. Semakin tebal janggut di wajah pria, semakin tinggi juga tingkat perlindungannya.

Janggut yang mencapai areal hidung kemungkinan menghentikan penyebab alergi naik ke hidung dan terhisap oleh paru-paru, ungkap Carol Walker, ahli kesehatan rambut dan pemilik Birmingham Trichology Centre.

“Secara teori, janggut bisa menghentikan apapun yang memicu asma untuk masuk ke saluran pernapasan tetapi bentuknya harus yang besar” tutup Dr. Felix Chua, konsultan sistem pernapasan di London Clinic. (wicak/LINES)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII