Ponpes Gadingmangu, Salah Satu Pusat Pendidikan Islam Terbesar di Indonesia

ponpes-gadingmangu

detik.com - Pondok Pesantren (ponpes) Gadingmangu, Jombang, Jawa Timur merupakan salah satu pusat pendidikan agamas Islam terbesar di Indonesia yang berdiri pada tahun 1952. Sang pendiri, H Bey Prawironoto saat itu menjabat sebagai Kepala Desa Gadingmangu.

Tak sendirian, H Bey Prawironoto yang kemudian menjadi pemimpin mendirikan ponpes ini bersama H M Ridwan, H Nurhasan, dan H Nur Hadi. Di awal berdirinya, para santri ditempatkan di rumah H Bey. Sedangkan tiga pendiri lainnya menjadi ustadz pengajar. Sistem pengajarannya juga masih sederhana yakni dengan model sorogan dan bandongan.

Seiring berjalannya waktu, kediaman H Bey yang menjadi asrama santri berubah menjadi kantor pusat Ponpes Gadingmangu. Ponpes ini terus berkembang hingga akhirnya kompleks pondok diperluas dan dibangun pondok baru di lokasi lain. Lokasi bangunan masih berada di Desa Gadingmangu yang kemudian diberi nama Ponpes Gadingmangu II.

Fasilitasnya juga terus berkembang pesat dengan dibangunnya gedung asrama putri, gedung asrama putra, aula, wisma tamu, dapur umum, dan Masjid Baitul Antiq yang diresmikan oleh Bupati Jombang H Soewoto Adiwibowo pada 7 Januari 1997.

Para-siswa-dan-santri-Ponpe

Para santri di ponpes ini dibekali dengan pengetahuan umum, ketrampilan dan kewirausahaan. Ponpes ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari SMP, SMU, dan SMK yang dikelola oleh Yayasan Budi Utomo.

Di dalam ponpes ini terdapat struktur organisasi yang terdiri dari Dewan Kyai, Dewan Guru, dan Dewan Harian. Dewan kyai merupakan badan tertinggi yang beranggotakan para sesepuh ponpes yang berwenang sebagai penentu kebijakan, sementara Dewan Guru merupakan badan pelaksana kebijakan dari Dewan Kyai di bidang kelangsungan pendidikan. Badan ini beranggota para guru dan ustadz. Sedangkan Dewan Harian merupakan pelaksana harian yang membidangi administrasi, manajemen, kegiatan sosial yang terdiri dari unsur pimpinan, sekretaris, dan bendahara.

Sebanyak 3.500 santri menuntut ilmu di ponpes ini, terdiri dari 1950 santri putra dan 1.550 santri putri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sumber : http://ramadan.detik.com/read/2014/07/08/110213/2630914/1523/ponpes-gadingmangu-salah-satu-pusat-pendidikan-islam-terbesar-di-indonesia?rt1532

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII