LDII Bekali Generasi Muda Ilmu Public Speaking

Public Speaking Depok

DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Depok bekerja sama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al Faqih Mandiri mengadakan Seminar Public Speaking yang berjudulkan “Progressive Youth, Speak Up!” yang digelar pada Sabtu (18/3) ,di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Faqih Mandiri Depok.

Acara ini sebagai bentuk perhatian DPD LDII Kota Depok atas maraknya kesalahan komunikasi yang mengakibatkan hukum pidana di masyarakat, serta pembinaan terhadap generasi muda LDII kota Depok, sehingga generasi muda LDII Depok dapat turut serta berdakwah mensyiarkan agama Islam dikalangannya. Hadir Ben Kasyafani, narasumber yang bekerja sebagai host dan penyiar radio serta Kuntjoro Hendrartono, seorang pengusaha yang juga Pembina Remaja LDII DPD LDII Kota Tangerang, sebagai pembicara.

Defrian Gofar, moderator acara hari itu menjelaskan bahwa acara tersebut bertujuan, menumbuhkan keberanian dan keterampilan dalam berkomumikasi di hadapan publik. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan pertumbuhan penduduk, membuat pendapat publik menjadi hal yang utama dalam kehidupan bermasyarakat. “Terutama, generasi muda yang menjadi harapan penerus bangsa, harus mampu menyampaikan hasil pemikirannya dengan bahasa yang baik di depan publik,” katanya.

Sementara itu, Ben Kasyafani menjelaskan, ada 7 Teknik dasar Public Speaking. Diantaranya mengatasi gugup, menguasai teknik pernapasan, memperhatikan teknik vokal dan artikulasi dalam berbicara, mempersiapkan kondisi diri dan materi sebelum tampil di depan publik, teknik membuka acara, menguasai materi yang akan ditampilkan dan teknik menutup acara.

“Berdoa dan membuat nyaman diri sendiri sebelum tampil pun, menjadi faktor penting sebelum berkomunikasi di depan publik,” ujarnya. Lalu Kuntjoro Hendrartono menambahkan, dalam berbicara jangan langsung membicarakan konten (materi yang akan disampaikan). Akan tetapi, utamakan dahulu konteksnya (penilaian situasi). Buatlah lawan bicara merasa nyaman dahulu. Setelah lawan bicara merasa nyaman lalu masuklah ke konten pembicaraan.

“Diharapkan setelah acara ini, generasi muda memiliki keberanian dan keterampilan dalam berkomunikasi dihadapan publik. Khususnya generasi muda LDII diharapkan bisa berdakwah dengan baik di depan publik,” jelasnya.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII