ToT: Pengajar Juga Belajar!

 Tot Pengajar Juga Belajar

Sukses tidaknya seorang peserta didik tidak dapat lepas dari peran seorang tenaga pengajar. Namun sayangnya, tidak semua tenaga pengajar memiliki kemampuan yang sama. Ada tenaga pengajar yang mampu mengajar dengan menyenangkan sehingga para peserta didiknya menjadi semangat belajar dan hasil belajarnya dapat efektif, namun ada juga yang tidak.

Faktanya, ketidakefektifan dalam proses belajar mengajar dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat karena dapat berujung kesalahfahaman diantara intersubjek yang ada.

Dari permasalahan tersebut, PPG Tangerang Kota bekerjasama dengan DPD LDII Kota Tangerang berinisiatif untuk memberikan pelatihan kepada para tenaga pengajar di tiap PC dan PAC yang ada di Kota Tangerang.

Bertempat di Gedung Serbaguna Al-Furqon Cimone, pelatihan yang diberi nama Training of Trainers (TOT) bertema Fun Learning ini, sukses digelar dan diikuti oleh kurang lebih 200 orang tenaga pengajar.

Dalam menunjang pelatihan tersebut, PPG Kota Tangerang menghadirkan 3 (tiga) orang pemateri yang expert dibidangnya. Yang pertama adalah Iwan Setiawan dengan membawakan materi Komunikasi yang Efektif. Dalam membawakan materinya, beliau sangat interaktif, sehingga banyak tanya jawab yang terjadi sampai akhir sesi yang ia bawakan.

Pemateri yang kedua adalah Ilham Ramdhana. Bekerja sebagai dosen di salah satu Univeristas Swasta yang ada di Kota Tangerang dan juga bekerja sebagai seorang penyiar di Prambors Radio, membuat kemampuannya berbicara di depan umum tidak diragukan lagi.

Dalam acara tersebut, Ilham Ramdhana membawakan materi Public Speaking. Beliau menjelaskan kepada para peserta bagaimana cara berbicara di depan umum, karena pada kenyataannya, masih banyak tenaga pengajar yang kadang bingung untuk berbicara ketika sedang menjelaskan sesuatu. Dan hal inilah yang kadang menimbulkan miss komunikasi antara guru dengan murid.

Dan pemateri yang terakhir adalah H. Dedi Setiawan, S.Pi dengan membawakan materi Strategi Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan. Selain menerangkan tentang bagaimana belajar yang menyenangkan, Beliau juga memberi banyak motivasi kepada para peserta.

Semua materi yang diberikan dalam acara pelatihan tersebut tidak hanya berupa teori belaka, namun juga langsung dipraktekan secara langsung oleh peserta sehingga terciptanya atmosfer pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton. Dan peserta juga dipersilahkan untuk langsung bisa memberikan tanggapan mereka atas teori dan praktek yang telah mereka dapatkan, entah itu berupa sanggahan, pertanyaan ataupun berdiskusi mengenai apa yang mereka rasakan sebelum dan setelah melakukan pelatihan ini.

Dengan diadakannya pelatihan tersebut, PPG Tangerang Kota berharap bisa menjadikan jajaran pengajar yang ada di Kota Tangerang ini menjadi pengajar yang kreatif, yang mampu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif bagi para peserta didik. Karena proses belajar merupakan proses hidup yang akan terus berlangsung dan dialami oleh seluruh manusia hingga akhir hayat.

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII