Tripika Manggala Hadiri Pembukaan Itikaf PC LDII Manggala

 Itikaf Ramadan Manggala

Pembukaan I'tikaf berlangsung di Masjid Baburroyan, Jalan Batua Raya VII, Kel. Batua, Kec. Manggala, Makassar, Rabu (05/6) malam. Hadir dalam pembukaan itikaf, sekretaris camat (sekcam) Manggala Andi Fadly, S. STP, MSi, Kapolsek Manggala dalam hal ini diwakili oleh anggota bidang Babinkamtibmas Ipda H. Abdul Rahman, Kepala Kelurahan Batua Drs. Jufri Jamado, perwakilan KUA Manggala dan beberapa tokoh masyarakat.

Pengurus LDII yang menghadiri pembukaan Itikaf diantaranya, Ketua DPD LDII Kota Makassar, Drs. H. Renreng Tjolli, MAg, Ketua PC LDII Manggala, Eko Pambudianto, Ketua PC LDII Panakkukang, Ambo Tang, ST, Dewan Penasehat (Wanhat) PC LDII Manggala AKP H. Juhadi Basuwono, SH beserta jajaran pengurus yang lain.

Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat Al Qur’an oleh Ustadz Danang Setiadi dan diiringi dengan sambutan pertama Eko Pambudianto, selaku Ketua PC LDII Manggala. “Kegiatan yang dilaksanakan oleh PC LDII Manggala selama bulan Ramadhan antara lain buka puasa bersama dan kegiatan rutin tahunan yaitu bagi takjil gratis di jalan seperti yang sudah dilaksanakan pada tanggal 03 Juni 2018 lalu,” papar Eko.

Lebih lanjut kegiatan yang ada di PC LDII Manggala dipaparkan oleh Juhadi, antara lain pembinaan generasi penerus kurang lebih 150 orang, wisuda santri TPA Al Amin, program menghafal Al Qur’an (Tahfidz), pencak silat dan futsal remaja. “Adapun kegiatan I'tikaf sudah berlangsung sejak tahun 1986 sampai dengan sekarang,” tutur Juhadi.

Kegiatan i'tikaf yang ada di PC LDII Manggala diisi dengan tadarus Al Qur’an, pengkajian Al Qur’an, pengkajian Al Hadist, tausiyah agama dan ibadah masing-masing peserta. Juhadi menjelaskan, kegiatan i'tikaf ini dimulai dari selesai sholat tarawih sampai dengan sholat subuh.

Abdul Rahman dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya karena banyak pembinaan untuk anak-anak sehingga kedepannya bisa menjadi generasi yang baik. Selain itu mengucapkan rasa syukur dikarenakan kerawanan seperti bunyi mercon dan balapan liar jauh berkurang dari tahun sebelumnya. Adanya penurunan tersebut sehingga pelaksanaan ibadah ramadhan di masjid-masjid semakin kondusif.

Tindakan preventif yang dilaksanakan yaitu mengamankan masjid-masjid, merazia motor balap dan patroli setiap malam. Abdul mengapresiasi adanya pelaksanaan i'tikaf di PC LDII Manggala. “Mari kita melaksanakan itikaf dengan aman, tentram dan bernilai ibadah disisi Allah,” kata Abdul.

Itikaf Manggala

Sebanyak 18 masjid LDII di kota Makassar melaksanakan i'tikaf. Didalam bulan ramadhan ini supaya bisa meraih 5 sukses ramadhan yaitu sukses puasanya, tadarusnya, sholat tarawih, lailatul qodar dan zakat fitrah. Hal ini yang diungkapkan Ketua DPD LDII Kota Makassar dalam sambutannya.

Kepala Kelurahan Batua dalam sambutannya juga menghimbau kepada masyarakat untuk membuka diri dan memberikan informasi terkait kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungannya. Lebih lanjut, menghadapi Pilkada yang akan jatuh pada bulan ini, Jufri mengajak para jamaah untuk menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, pelaksanaan I'tikaf sendiri merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh LDII seluruh Indonesia dan merupakan rangkaian ibadah dalam Islam. Itikaf adalah berdiam diri di masjid dalam rangka menunggu turunnya malam lailatul qodr, yang mana pelaksanaannya dilakukan pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, yakni pada malam ke-21 hingga malam ke-30.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII