Workshop GIS LDII: Media Massa Online

ImagePada hari kedua pelaksaaan workshop GIS & PCJ ini, materi salah satunya adalah Media Massa Online yang dibawakan oleh Luhur Hertanto, wartawan senior Detik.com.“Media massa online yaitu media massa yang disampaikan kepada audience melaui jaringan internet sebagai jalur distribusinya. Baik yang disampaikan kabel maupun nir kabel (wireless)” ujar Luhur menjelaskan definisi media massa online. Beliau melanjutkan bahwa karakter sebuah tulisan berita sebaiknya mencakup syarat real time, ringkas, up-dates interaktif sekaligus menghibur. Dimana konsekuensinya penulis harus mengikuti update berita yang ada.

Kaitannya dengan peran blogger, Luhur menjelaskan bahwa blog bisa sangat berguna bagi media online dalam kapasitasnya sebagai sumber berita non official. Bahkan bila menarik, dari sebuah blog maka informasi tidak resmi pun bisa dikembangkan menjadi berita.

Pada kesempatan workshop ini, Luhur Hertanto membagikan jurus penulisan berita antara lain bahwa penulisan harus focus pada suatu kajian sebagai ciri khas. Jeda waktu tidak terlalu lama dengan moment dan update informasi sebaiknya dilakukan secara rutin. Kemudian penulisan menggunakan bahasa yang mudah dipahami sekaligus mampu menggiring interaksi pembaca. Terakhir penulisan haruslah bisa memberi manfaat spesifik.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII