Lembaga Dakwah Islam Indonesia
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
Lembaga Dakwah Islam Indonesia
No Result
View All Result
Home Seputar LDII Organisasi

Kiat LDII Melahirkan Pemimpin Masa Depan

2014/04/21
in Organisasi
0
BJ 96
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

Sangat mudah membangun jembatan, jalan raya, pabrik, bahkan pesawat. Tapi bangsa ini kesulitan membangun karakter generasi penerus bangsa. Untuk membangun karakter generasi penerus, LDII fokus pada Tri Sukses Generasi Penerus.

Tri Sukses Generasi Penerus menekankan kepada setiap anak-anak warga LDII mulai dari usia dini hingga dewasa memiliki: akhlakul karimah, kepahaman agama yang kuat, dan mandiri. Ketiganya harus sejalan agar mewujudkan harapan generasi mendatang yang lebih baik. Serta dilatarbelakangi kewajiban melestarikan ilmu sehingga ada kelanjutan dan tidak sampai lost generation.

“Orang tua pun akan bangga dengan mempunyai anak yang sholih dan sholihah serta mandiri. Anak adalah tambang emas bagi orang tua” ujar Bashori salah satu penggagas Penggerak Pembina Generus (PPG), yang menjadi pembicara pada Focus Group Discussion, Sabtu (19/4) lalu.

Untuk mewujudkan Tri Sukses, LDII membuat program PPG yang melibatkan ulama, guru, orangtua, dan pengurus. Program dalam PPG berupaya mewujudkan generasi yang unggul, berkarakter, tak terpengaruh dengan budaya-budaya negatif dari efek globalisasi. PPG memiliki tugas membuat kurikulum untuk mewujudkan Tri Sukses Generasi Penerus.

Bashori menjelaskan generasi yang berakhlakul karimah, adalah generasi yang memiliki akhlak yang baik, “Tidak hanya kepada teman, namun juga kepada orang tua dan guru ataupun orang yang dituakan. Memiliki akhlak yang baik, akan mudah diterima oleh masyarakat,” ujar Bashori.

Yang kedua, generasi yang berilmu, tidak hanya generasi yang menguasai ilmu-ilmu dalam masyarakat namun juga mengaplikasikan ilmu yang ada dalam Alquran dan Alhadits. Generasi masa kini membutuhkan agama sebagai pegangan dan penyeimbang hidup agar moral dan perilaku terjaga, serta sadar akan kebutuhan untuk beribadah. Bukan menjadikan ibadah itu sebagai beban. Sehingga, ketika generasi muda mengalami masalah dapat diselesaikan dengan pikiran logis dan ‘kepala dingin’ bukan dengan kekerasan.

Kemudian uraian Tri Sukses yang ketiga adalah kemandirian. Dimana sejak kecil, pra remaja dan remaja sudah harus dibina melakukan segala sesuatunya secara mandiri. Dengan demikian, diharapkan pengetahuannya berkembang, psikomotorik dan afektifnya berjalan. Di masa depan, generasi muda tidak ragu lagi dan bisa sukses hidup mandiri tanpa bergantung dengan orang lain. Tentunya, kemandirian ini didukung dengan kegigihan dan kesabaran dari generasi itu sendiri sebab, mencapai suatu keberhasilan tidak serta merta langsung didapat.

“Penyusun kurikulum pendidikan dalam program PPG ini, mengikutsertakan pakar-pakar pendidik, pakar psikolog dan juga guru atau ulama-ulama pondok, serta pakar-pakar organisasi agar kurikulum ini bersinergi tidak hanya mengacu pada satu sisi. Semua bersinergi memenuhi kaidah-kaidah kurikulum yang ideal untuk pendidikan bangsa. Targetnya, menghasilkan generasi profesional religius berkarakter dalam rangka membangun peradaban bangsa”, kata Bashori. (Noni/LINES)

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMENTAR TERKINI

  • Supardo on DPP LDII: Generasi Muda Harus “Melek” Digital di Era Media Baru
  • Abi Sajaroh on Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?
  • Pak Dar on Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?
  • Supardo on Muswil X LDII Jatim Dorong Ormas Perkuat Komitmen Kebangsan dalam Bingkai Islam yang Berkemajuan
  • Supardo on Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Pengajian Keputrian LDII Ajak Remaja Putri Jaga Marwah Perempuan

Pengajian Keputrian LDII Ajak Remaja Putri Jaga Marwah Perempuan

August 28, 2025
LDII Kabupaten Bandung Tingkatkan Kompetensi Da’i dan Da’iyah Lewat Pelatihan Dakwah

LDII Kabupaten Bandung Tingkatkan Kompetensi Da’i dan Da’iyah Lewat Pelatihan Dakwah

August 30, 2025
Demonstrasi di Berbagai Kota, LDII Sampaikan Keprihatinan dan Minta Para Elit Dengarkan Aspirasi Rakyat

Demonstrasi di Berbagai Kota, LDII Sampaikan Keprihatinan dan Minta Para Elit Dengarkan Aspirasi Rakyat

August 30, 2025
Bupati Nganjuk Apresiasi Ponpes Al Ubaidah Gelar Jalan Sehat Keluarga dan Bazar Meriahkan HUT ke-80 RI

Bupati Nganjuk Apresiasi Ponpes Al Ubaidah Gelar Jalan Sehat Keluarga dan Bazar Meriahkan HUT ke-80 RI

August 28, 2025
Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?

Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?

3
Muswil X LDII Jatim Dorong Ormas Perkuat Komitmen Kebangsan dalam Bingkai Islam yang Berkemajuan

Muswil X LDII Jatim Dorong Ormas Perkuat Komitmen Kebangsan dalam Bingkai Islam yang Berkemajuan

1
DPP LDII: Generasi Muda Harus “Melek” Digital di Era Media Baru

DPP LDII: Generasi Muda Harus “Melek” Digital di Era Media Baru

1
Sorgum, Butir Kecil Masa Depan Pangan Indonesia

Sorgum, Butir Kecil Masa Depan Pangan Indonesia

1
Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?

Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami?

September 6, 2025
Tindaklanjuti Hasil Rakornas, LDII Sumbar Helat Rapat Koordinasi

Tindaklanjuti Hasil Rakornas, LDII Sumbar Helat Rapat Koordinasi

September 5, 2025
LDII Musi Banyuasin Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Pinang Banjar

LDII Musi Banyuasin Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Pinang Banjar

September 5, 2025
Dinkes Kota Pekanbaru Gelar Cek Kesehatan Gratis Berbasis Komunitas

Dinkes Kota Pekanbaru Gelar Cek Kesehatan Gratis Berbasis Komunitas

September 5, 2025

DPP LDII

Jl. Tentara Pelajar No. 28 Patal Senayan 12210 - Jakarta Selatan.
Telepon: 0811-8604544

SEKRETARIAT
sekretariat[at]ldii.or.id
KIRIM BERITA
berita[at]ldii.or.id

BERITA TERKINI

  • Jejak Karbon (Carbon Footprint) – Apa yang Perlu Difahami? September 5, 2025
  • Tindaklanjuti Hasil Rakornas, LDII Sumbar Helat Rapat Koordinasi September 5, 2025
  • LDII Musi Banyuasin Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Pinang Banjar September 5, 2025

NAVIGASI

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

KATEGORI

Kirim Berita via Telegram

klik tautan berikut:
https://t.me/ldiibot

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.

No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.