Lembaga Dakwah Islam Indonesia
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
Lembaga Dakwah Islam Indonesia
No Result
View All Result
Home Seputar LDII Organisasi

Lokakarya Pendidikan III: Tantangan Pengajaran Masa Kini

2019/07/28
in Organisasi
0
LokakaryaPendidikanIII
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

DPP LDII kembali menggelar FGD mengenai pendidikan. Acara ini merupakan tindak lanjut dari FGD pendidikan sebelumnya mengenai taxonomy bloom dan pengembangan kepribadian psikososial.

FGD kedua menjadi penting pula, karena cara mendidik juga penting diketahui, melalui ilmu pedagogi.

Taxonomy bloom membahas dari aspek perilaku seperti afektif, kognitif, psikomotorik, serta perkembangan psikososial untuk kepribadian seseorang, kali ini Tim Education Clearing House (ECH) LDII membahas mengenai ilmu pedagogi yakni strategi pembelajaran dengan tantangan perilaku murid generasi masa kini yang digelar pada Lokakarya Pendidikan di gedung DPP LDII hari Sabtu (27/7).

Pembicara pertama yang hadir saat itu, Siti Nurannisaa yang merupakan pakar pendidik menyampaikan dihadapan para peserta lokakarya bahwa pengajar umumnya menyampaikan ilmu, tapi pendidik juga harus bisa memiliki kompetensi memahami perilaku anak didik untuk mencapai tujuan yakni mencetak generus alim, fakih, profesional.

Proses belajar mengajar harus tahu ‘medan peperangan’ atau situasi kondisi yang dihadapi.
Era saat ini yang dihadapi adalah pekerjaan yang belum ada, masalah yang belum diketahui asal-usulnya. Karenanya dalam berperang, kita harus tahu medan perang, struktur organisasi perangnya seperti apa, dan strategi perangnya bagaimana. Jika memahami aspek-aspek tersebut, arahnya akan jelas bagaimana.

“Diungkapkan salah satu sekretaris pendidikan Amerika, Richard Riley pada masa pemerintahan Clinton, ia mengatakan perubahan yang terjadi saat ini memiliki arus yang tenang sehingga orang tidak sadar bahwa ada yang berubah,” kata Nisa, demikian ia akrab dipanggil. Perubahan yang terjadi secara masif, salah satunya cara komunikasi, kemampuan berpikir kritis kreatif, sikap motivasi integritas gaya hidup.

Beberapa perubahan yang terjadi:
Kemampuan dan penguasaan iptek berpengaruh kepada tingkat kesejahteraan
Keunggulan sumber daya alam kearah keunggulan sumber daya manusia dalam hal persaingan
Tolak ukurnya saat ini adalah industri cepat dengan industri lambat
Masyarakat saat ini berorientasi pada masyarakat berpengetahuan
Pergeseran persaingan dan sistem kerja (individu ke kelompok)

Kebenaran mengenai situasi yang sedang dihadapi menjadi penting. Karena masalah yang dialami anak didik sebelumnya juga berpengaruh pada bagaimana anak itu menerima pembelajaran. Apalagi menilik institusi pendidikan sekarang cenderung sulit memahami, apa yang sedang dihadapi akibat zaman yang berubah, dan sama sekali berbeda dengan sebelumnya.

Katakanlah murid sekarang adalah generasi Z, lebih aktif, cepat mencari informasi, sedangkan guru atau pengajarnya atau bahkan dosennya adalah generasi-generasi sebelumnya, yakni generasi Y yang lahir pada kisaran 1977-1995, generasi X yang berkisar 37-52 tahun atau generasi baby boomers yang kisaran usianya 52-70 tahun.

Tentunya antar generasi memiliki ciri masing-masing dan sangat berbeda satu sama lain. Jika generasi sebelum Y adalah generasi ‘pejuang’, artinya dalam mendapatkan sesuatu harus proses panjang dan tidak terlalu memahami teknologi, sedangkan generasi Y sudah memahami teknologi dan mampu mempersingkat proses dalam mencapai suatu hal.

Hal inilah yang ditegaskan Nisa, antara guru dan siswa yang memiliki age gap, jangan sampai terjadi ketidakpahaman dalam proses belajar. Pasalnya, para anak didik dari generasi masa kini adalah tipe yang sangat mudah mencari informasi, namun belum bisa mengelola bagaimana informasi itu. Kedua, sikap dan perilaku yang mereka miliki serba instan serta sedikit belajar tentang proses dan kesabaran.

Guru, pendidik, pengajar, orang tua serta lingkungan pada situasi yang dijelaskan tadi sangat berperan dalam mengingatkan serta mengarahkan tentang sikap dan perilaku tersebut. Pendidikan di lingkungan keluarga dan sekolah tugasnya mengajarkan hal-hal diluar akademis. Pengalaman untuk mengalami proses itu yang harus diajarkan.

Oleh karena itu, “Pendidik dituntut harus memiliki empati kepada anak didik, senang menantang diri sendiri, dan perasaannya harus gembira. Dimulai dari sikap menyayangi diri sendiri dan senang melakukan apa yang dikerjakan. Meski merasakan ketidaknyamanan, tapi mengetahui tujuan hidup,” demikian papar Nisa.(laras/prima/lines)

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMENTAR TERKINI

  • Mohamad Kurniadi on Ngonten Dapat Cuan, Hassan ‘Sule’ Ungkap Rahasia Tembus FYP
  • Adin Mutohar on Hadiri Dialog FKUB, LDII Rejang Lebong Dukung Solidaritas Keberagaman Umat Beragama
  • Drh. Sudbyo on Wali Kota Tangerang Buka Festival Anak Saleh LDII, Tekankan Pembinaan Generasi Unggul dan Berkarakter
  • Nanang Naswito on Peringati Hari Guru, LDII Dorong Pengakuan Status Profesi dan Kesejahteraan Guru
  • RAHMAT WAHID on Wali Kota Tangerang Buka Festival Anak Saleh LDII, Tekankan Pembinaan Generasi Unggul dan Berkarakter
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Wali Kota Tangerang Buka Festival Anak Saleh LDII, Tekankan Pembinaan Generasi Unggul dan Berkarakter

Wali Kota Tangerang Buka Festival Anak Saleh LDII, Tekankan Pembinaan Generasi Unggul dan Berkarakter

November 26, 2025
Ngonten Dapat Cuan, Hassan ‘Sule’ Ungkap Rahasia Tembus FYP

Ngonten Dapat Cuan, Hassan ‘Sule’ Ungkap Rahasia Tembus FYP

November 24, 2025
Buka Muswil V LDII Kepri, Gubernur Ansar Ajak LDII Perkuat Pembangunan Daerah

Buka Muswil V LDII Kepri, Gubernur Ansar Ajak LDII Perkuat Pembangunan Daerah

November 24, 2025
LDII Gelar Pengamatan Hilal di BRIN Garut untuk Akurasi Penetapan Awal Bulan Hijriah

LDII Gelar Pengamatan Hilal di BRIN Garut untuk Akurasi Penetapan Awal Bulan Hijriah

November 24, 2025
Wali Kota Tangerang Buka Festival Anak Saleh LDII, Tekankan Pembinaan Generasi Unggul dan Berkarakter

Wali Kota Tangerang Buka Festival Anak Saleh LDII, Tekankan Pembinaan Generasi Unggul dan Berkarakter

4
Hadiri Dialog FKUB, LDII Rejang Lebong Dukung Solidaritas Keberagaman Umat Beragama

Hadiri Dialog FKUB, LDII Rejang Lebong Dukung Solidaritas Keberagaman Umat Beragama

3
Guru Hebat Lahir dari Kebiasaan Kecil yang Konsisten

Guru Hebat Lahir dari Kebiasaan Kecil yang Konsisten

2
LDII Gelar Pengamatan Hilal di BRIN Garut untuk Akurasi Penetapan Awal Bulan Hijriah

LDII Gelar Pengamatan Hilal di BRIN Garut untuk Akurasi Penetapan Awal Bulan Hijriah

2
Kemenag Kota Kediri Gelar Pembinaan Administrasi dan Pelatihan EMIS MDT di Ponpes Wali Barokah

Kemenag Kota Kediri Gelar Pembinaan Administrasi dan Pelatihan EMIS MDT di Ponpes Wali Barokah

November 27, 2025
Cetak Kader Pewarta, LDII Sumbar Latih Ratusan Peserta dengan Jurnalistik Mahir Dasar

Cetak Kader Pewarta, LDII Sumbar Latih Ratusan Peserta dengan Jurnalistik Mahir Dasar

November 27, 2025
Refleksi Hari Guru Nasional 2025: Indonesia Kuat Dimulai dari Guru Hebat

Refleksi Hari Guru Nasional 2025: Indonesia Kuat Dimulai dari Guru Hebat

November 27, 2025
Peringati Hari Guru, LDII Dorong Pengakuan Status Profesi dan Kesejahteraan Guru

Peringati Hari Guru, LDII Dorong Pengakuan Status Profesi dan Kesejahteraan Guru

November 27, 2025

DPP LDII

Jl. Tentara Pelajar No. 28 Patal Senayan 12210 - Jakarta Selatan.
Telepon: 0811-8604544

SEKRETARIAT
sekretariat[at]ldii.or.id
KIRIM BERITA
berita[at]ldii.or.id

BERITA TERKINI

  • Kemenag Kota Kediri Gelar Pembinaan Administrasi dan Pelatihan EMIS MDT di Ponpes Wali Barokah November 27, 2025
  • Cetak Kader Pewarta, LDII Sumbar Latih Ratusan Peserta dengan Jurnalistik Mahir Dasar November 27, 2025
  • Refleksi Hari Guru Nasional 2025: Indonesia Kuat Dimulai dari Guru Hebat November 26, 2025

NAVIGASI

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

KATEGORI

Kirim Berita via Telegram

klik tautan berikut:
https://t.me/ldiibot

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.

No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.