Lembaga Dakwah Islam Indonesia
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
Lembaga Dakwah Islam Indonesia
No Result
View All Result
Home Seputar LDII Organisasi

Menyelaraskan Kurikulum Pendidikan LDII dan Komisi X DPR

2013/09/19
in Organisasi
0
smk
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

Dalam rangka pembinaan umat, LDII terbukti melahirkan juru dakwah dan generasi penerus yang profesional di bidangnya. Keberhasilan LDII inilah yang dipelajari oleh Komisi X DPR RI sebagai masukan dalam menyusun kurikulum pendidikan di tingkat nasional.

Upaya pemerintah dalam menyukseskan wajib belajar 9 tahun telah tercapai. Kini, wacana wajar 12 tahun, telah dimunculkan oleh wakil rakyat dari Komisi X DPR RI. “LDII sebagai lembaga dakwah yang konsisten dengan pendidikan, sudah sepantasnya menyukseskan program wajar 12 tahun,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR H Asman Abnur, SE. M.Si dalam silaturohimnya ke kantor DPP LDII Patal Senayan (18/9/2013).

Menurutnya kesuksesan LDII dalam membina umat menjadi kesatupaduan antara pendidikan umum, keagamaan, dan kekeluargaan. “LDII saya sarankan membuat masterplan sebagai acuan kedepan bidang pendidikan. Masterplan tersebut kami selaraskan dengan APBN. Hal ini akan membuat program LDII dapat terealisasi bersama pemerintah dan dirasakan rakyat manfaatnya,” ujar Asman.

Masukan ini tentunya sejalan dengan apa yang diprogramkan LDII dalam membina umat melalui pendidikan yang tertuang dalam Rakernas LDII 2012. Rakernas menegaskan LDII akan mengembangkan sumberdaya manusia profesional dan religius guna menciptakan Indonesia sejahtera, demokratis, berkeadilan, dan bermartabat.

Kesemuanya itu tidak akan tercapai bila pendidikan umum tidak dikolaborasikan dengan pendidikan keagamaan dan kekeluargaan, yang selama ini memang menjadi karakter dari LDII.

keterampilan

“LDII ini merupakan lembaga yang favorit, memiliki sistem pendidikan yang baik. Sisi keagamaan dan kekeluargaan begitu menonjol terlihat mulai dari saya ketika di Kepulauan Riau hingga di Jakarta mengemban amanah Wakil Ketua Komisi X DPR RI,” ungkap Asman.

Kedatangan Komisi X DPR di gedung DPP LDII itu disambut Ketua DPP LDII  Ir H Teddy Suratmadji, M.Sc, bersama beberapa pengurus DPP lainnya, di antaranya Rioberto Sidauruk SH, KH Aceng karimullah dan Drs. Sarji, SH., M.Pd. Teddy Suratmadji mengungkapkan bahwa LDII memang gencar mendidik umat. Pendidikan terstruktur mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa, dengan memadukan nilai-nilai agaman dan kekeluargaan. Pendidikan sejak usia dini menjadi megaproyek dari LDII.

Sekali lagi, Asman mempertegas agar masterplan tersebut cepat sampai di Komisi X DPR RI. Diharapkan tindak nyata dari program wajib belajar 12 tahun yang secara normal akan tercapai dalam 40 tahun, dapat dipangkas menjadi 15 tahun bersama seluruh elemen bangsa. Salah satunya LDII sebagai lembaga dakwah yang sudah populer dan dikenal memiliki massa, yang memiliki ikatan emosional baik dalam kesehariannya dan sukses dalam pembinaan generasi penerusnya.

Kunjungan Komisi X ini meneguhkan berbagai permintaan serupa, dari kalangan akademisi agar metode pendidikan di LDII yang terbukti berhasil, agar dibagi kepada masyarakat umum, dengan berbagai sarana baik melalui dakwah dan media massa. (Frediansyah Firdaus/Fahmi)

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMENTAR TERKINI

  • H. Masirin on Pengurus LDII Sumut Ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan
  • Supardo bin Kayat on Wabup Luwu Hadiri Pengajian Mubaligh LDII Dukung Penguatan Karakter Generasi Muda
  • Supardo bin Kayat on Ponpes Wali Barokah Bekali Santri Kepedulian Lingkungan Hadapi Tantangan Perubahan Iklim
  • Aliyya on LDII Perkuat Semangat Gotong Royong Lewat Kerja Bakti Bersama Warga di Bantul
  • Abi Sajaroh on Ponpes Wali Barokah Bekali Santri Kepedulian Lingkungan Hadapi Tantangan Perubahan Iklim
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Ini Dia Inovasi Ketua LDII Tanah Laut: Bikin Pakan Ternak dari Jerami Padi

Ini Dia Inovasi Ketua LDII Tanah Laut: Bikin Pakan Ternak dari Jerami Padi

December 21, 2025
Pengurus LDII Sumut Ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan

Pengurus LDII Sumut Ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan

December 28, 2025
Menghindari Dosa Jelang Pergantian Tahun

Menghindari Dosa Jelang Pergantian Tahun

December 22, 2025
Wabup Luwu Hadiri Pengajian Mubaligh LDII Dukung Penguatan Karakter Generasi Muda

Wabup Luwu Hadiri Pengajian Mubaligh LDII Dukung Penguatan Karakter Generasi Muda

December 26, 2025
Ini Dia Inovasi Ketua LDII Tanah Laut: Bikin Pakan Ternak dari Jerami Padi

Ini Dia Inovasi Ketua LDII Tanah Laut: Bikin Pakan Ternak dari Jerami Padi

8
Ponpes Wali Barokah Raih Eco Pesantren Kategori Pratama, Siap Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Sehat

Ponpes Wali Barokah Raih Eco Pesantren Kategori Pratama, Siap Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Sehat

7
Pengurus LDII Sumut Ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan

Pengurus LDII Sumut Ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan

3
Ponpes Wali Barokah Bekali Santri Kepedulian Lingkungan Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

Ponpes Wali Barokah Bekali Santri Kepedulian Lingkungan Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

2
Memanfaatkan Bumi Bersandar pada Ekoteologi

Memanfaatkan Bumi Bersandar pada Ekoteologi

December 28, 2025
Ibu Aktor Penting dalam Pembiasaan Karakter Luhur

Ibu Aktor Penting dalam Pembiasaan Karakter Luhur

December 28, 2025
Darurat Sampah dan Jalan Menuju Solusi Berkelanjutan

Darurat Sampah dan Jalan Menuju Solusi Berkelanjutan

December 28, 2025
Ponpes Wali Barokah Bekali Santri Kepedulian Lingkungan Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

Ponpes Wali Barokah Bekali Santri Kepedulian Lingkungan Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

December 28, 2025

DPP LDII

Jl. Tentara Pelajar No. 28 Patal Senayan 12210 - Jakarta Selatan.
Telepon: 0811-8604544

SEKRETARIAT
sekretariat[at]ldii.or.id
KIRIM BERITA
berita[at]ldii.or.id

BERITA TERKINI

  • Memanfaatkan Bumi Bersandar pada Ekoteologi December 28, 2025
  • Ibu Aktor Penting dalam Pembiasaan Karakter Luhur December 28, 2025
  • Darurat Sampah dan Jalan Menuju Solusi Berkelanjutan December 28, 2025

NAVIGASI

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

KATEGORI

Kirim Berita via Telegram

klik tautan berikut:
https://t.me/ldiibot

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.

No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.