Lembaga Dakwah Islam Indonesia
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025
No Result
View All Result
Lembaga Dakwah Islam Indonesia
No Result
View All Result
Home Dari Kami Nasehat

Membaca

2020/07/19
in Nasehat
2
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

Di lingkungan kecil keluarga, ada kesulitan besar untuk mengajak anggota untuk tekun memanjangkan mata, menyimak huruf-huruf dan merangkai kata per kata. Baik latin maupun arab. Walau sedari kecil sudah sering dituntun dan diteladani, ternyata belum tertular juga.

Maunya memanjakan mata melihat tayangan-tayangan saja. Giliran disuruh membaca, ampun, langsung membuang muka. Kalau pun mau membaca, cuma sebentar lalu bubar. Tak ada daya tahan.

Memang tidak mudah. Bersyukurlah bagi mereka yang mempunyai literasi yang baik. Ia tidak saja berguna untuk urusan dunia, tetapi menuntun ke jalan yang menyenangkan di jalan Tuhan. Bagi yang senang membaca, ternyata membantu dalam mendalami dan menekuni teks-teks Quran dan Hadits. Membaca bukan sebuah kendala, tetapi sebuah karunia dan kesenangan bisa berlama-lama. Penuh energi dan sarat imajinasi.

Dan izinkan kali ini saya mengaitkan kegiatan membaca ini dengan wahyu pertama turunnya Quran: iqra’. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Mulya, Yang mengajar manusia dengan pena. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.” (QS Al-‘Alaq [96]: 1-5). Kata ‘iqra’ (bacalah) berasal dari akar kata ‘qara’a, yang meliputi segenap bacaan yang bersumber dari Sang Pencipta (Al-Qur’an atau kitab-kitab suci sebelumnya).

Ini berarti perintah ‘iqra’ dapat didefinisikan sebagai menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti mengetahui ciri sesuatu dan membaca baik teks atau ayat-ayat tertulis yang berasal dari Allah maupun ayat-ayat tidak tertulis yang tersebar dalam segala fenomena kehidupan di alam semesta. Relevansinya, ada manfaat dan nilai ibadah di sana ketika kita bisa dan mau membaca.

Anda boleh membaca banyak buku, e-book, internet, mendengarkan ceramah, dan karya ilmiah lainnya, tapi jangan lupa “membaca” diri Anda sendiri. Dari pengalaman masa kecil, mimpi-mimpi, catatan sekolah, orang-orang yang Anda sukai, sampai asal-usul, visi-misi kehidupan, dan lain-lainnya. Tanpa mengenali diri Anda, semua pengetahuan tidak akan berguna dan bahkan bisa menyesatkan. Makanya, ditulis di sebuah buku tua; “Raja segala pengetahuan adalah pengetahuan tentang siapa diri Anda.”

Berangkat dari sini, kemampuan membaca dimaksudkan untuk memahami lebih jauh titah bahwa Allah tidak menjadikan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaNya. “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melaikan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. az-Zariyat: 56)

Walau begitu, dalam perkembangan selanjutnya membaca tetap perlu kehati-hatian. Biar tidak salah arah, terjerumus sesatnya pikiran. Seperti pesan keras dari tokoh spiritual dunia di medsos berbunyi: “Anda semua sudah salah kaprah mengerti Tuhan”. Sedih tentu saja membaca pesan ini. Sejujurnya, Tuhan yang kita temukan sangat tergantung pada kebersihan hati kita masing-masing dan dari mana kita mengambil jalan pengertian itu. Ia yang pemarah menemukan Tuhan yang juga pemarah. Ia yang pemurah menemukan Tuhan yang juga pemurah.

Hal ini bisa diandaikan 2 pendaki yang mendaki gunung dari arah berlawanan, yang satu dari timur, yang satu dari barat. Saat matahari mau tenggelam, Gurunya bertanya soal di mana posisi matahari. Yang mendaki dari barat mengatakan di belakang, yang mendaki dari timur menyebut di depan. Dan berdebatlah mereka seru sekali: “belakang, depan, belakang…”. Sang Guru yang sudah di puncak hanya senyum-senyum saja, sambil membaca pesan tua; “Ada banyak jalan menuju puncak, tapi hanya ada satu puncak yakni puncak jalan cinta Ilahi.” Ya Rohman, Ya Rahim.

Yang terpenting lagi dalam membaca adalah jangan sampai terlewat. Ada kalanya kita membaca bab-bab yang menyenangkan, maka hati senang dan terus semangat. Tapi ada saatnya bertemu dengan bab-bab yang membencikan, hati sedih dan ingin menyobeknya. Harus diingat bahwa buku kehidupan selalu berisi bab-bab yang menyenangkan dan bab-bab yang menyedihkan. Membuang salah satu bab berarti membuang bab penting di buku suci kehidupan. Sebab tanpa membaca bab ini, bab berikutnya sungguh tidak bisa dimengerti.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
‏ “‏ مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْقَانِتِينَ وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْمُقَنْطَرِينَ ‏”

Dari Abdullah bin Amr bin Ash dia berkata, Rasulullah sallallahu alahi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menunaikan (membaca) sepuluh ayat, maka dia tidak termasuk golongan orang-orang lalai. Dan barangsiapa yang menunaikan seratus ayat, maka dia termasuk qanitin (ahli ibadah/tunduk). Barangsiapa menunaikan seribu ayat, maka dia termasuk golongan orang Muqanthirin (orang kaya-banyak pahala).” (Rowahu Abu Daud)

Faizunal A. Abdillah
Pemerhati lingkungan – Warga LDII Kabupaten Tangerang.

Tags: bersyukurhurufkeluargaldiimembacatayangan

Comments 2

  1. MC says:
    5 years ago

    Tulisan yg menarik dan menggugah.
    Terima kasih

    Reply
  2. Ferry sandriya ms says:
    5 years ago

    Rasanya masih kurang panjang hehehehe penjabaran kok udh selesai saja

    Reply

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMENTAR TERKINI

  • Teguh s on Gelorakan Nasionalisme, LDII Ngawi Gandeng Pelajar, Santri, dan Ormas untuk Kerja Bakti
  • Yusuf on Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku
  • H.Suradi on Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku
  • Agus Hamza Jaya on 80 Tahun Usia RI, DPP LDII Ingatkan Cita-cita Pendirian Bangsa untuk Jaga Pluralisme
  • Rosantika on Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku

Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku

August 15, 2025
Dukung Sinergi Antarormas, LDII Buru Hadiri Pelantikan PERSIS Kabupaten Buru

Dukung Sinergi Antarormas, LDII Buru Hadiri Pelantikan PERSIS Kabupaten Buru

August 15, 2025
LDII DIY Bahas Kesiapan Menikah Lewat FGD Satu Frekuensi

LDII DIY Bahas Kesiapan Menikah Lewat FGD Satu Frekuensi

August 9, 2025
DPD LDII Gianyar Ikut Koordinasi PAKEM di Kejaksaan Negeri Gianyar

DPD LDII Gianyar Ikut Koordinasi PAKEM di Kejaksaan Negeri Gianyar

August 15, 2025
Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku

Stigma ‘Masjid LDII Dipel’ Jadi Alasan Cendekiawan NU Terbitkan Buku

40
Ponpes Wali Barokah Dukung Program Tanam Jagung Polres Kediri Kota

Ponpes Wali Barokah Dukung Program Tanam Jagung Polres Kediri Kota

12
LDII Dorong Regulasi Penguatan Sinergi UMKM, Ekonomi Syariah, dan Pengusaha Besar

LDII Dorong Regulasi Penguatan Sinergi UMKM, Ekonomi Syariah, dan Pengusaha Besar

5
Tingkatkan Literasi Digital, LDII Pasangkayu Gelar Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial

Tingkatkan Literasi Digital, LDII Pasangkayu Gelar Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial

5
Pengajian Kebangsaan LDII 2025, Wabup Purworejo Beri Pesan Khusus

Pengajian Kebangsaan LDII 2025, Wabup Purworejo Beri Pesan Khusus

August 18, 2025
Warga LDII Bali Raih Satyalancana Kebaktian Sosial dari Gubernur

Warga LDII Bali Raih Satyalancana Kebaktian Sosial dari Gubernur

August 18, 2025
LDII Hadiri Upacara HUT RI ke-80 di Balai Kota Bandung

LDII Hadiri Upacara HUT RI ke-80 di Balai Kota Bandung

August 18, 2025
DPD LDII Garut Hadiri Upacara 17 Agustus dan Silaturahim Bersama Veteran

DPD LDII Garut Hadiri Upacara 17 Agustus dan Silaturahim Bersama Veteran

August 18, 2025

DPP LDII

Jl. Tentara Pelajar No. 28 Patal Senayan 12210 - Jakarta Selatan.
Telepon: 0811-8604544

SEKRETARIAT
sekretariat[at]ldii.or.id
KIRIM BERITA
berita[at]ldii.or.id

BERITA TERKINI

  • Pengajian Kebangsaan LDII 2025, Wabup Purworejo Beri Pesan Khusus August 18, 2025
  • Warga LDII Bali Raih Satyalancana Kebaktian Sosial dari Gubernur August 18, 2025
  • LDII Hadiri Upacara HUT RI ke-80 di Balai Kota Bandung August 18, 2025

NAVIGASI

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

KATEGORI

Kirim Berita via Telegram

klik tautan berikut:
https://t.me/ldiibot

  • Home
  • Contact
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • Privacy Policy
  • NUANSA PERSADA

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.

No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • Tentang LDII
    • AD / ART LDII
    • Susunan Pengurus DPP LDII 2021-2026
    • 8 Pokok Pikiran LDII
    • Fatwa MUI
    • Daftar Website LDII
    • Video LDII
    • Contact
  • RUBRIK
    • Artikel
    • Iptek
    • Kesehatan
    • Lintas Daerah
    • Organisasi
    • Opini
    • Nasehat
    • Nasional
    • Seputar LDII
    • Tahukah Anda
  • LAIN LAIN
    • Kirim Berita
    • Hitung Zakat
    • Jadwal Shalat
  • DESAIN GRAFIS
    • Kerja Bakti Nasional 2025 dan 17 Agustus 2025

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.